Penulis Lagi UTS

Soal:

1. Semiotika Ferdinand Saussure memiliki ciri “Konvensi sosial” jelaskan pendapat anda mengenai ini apabila dikaitkan dengan manfaatnya dalam kajian visual. 

2. Semiotika yang digagas oleh Saussure awalnya adalah kajian ilmu bahasa yang kemudian berkembang serta dipinjam oleh banyak displin ilmu termasuk seni rupa dan desain. Jelaskan hubungan petanda dan penanda pada semiotika Saussure dengan mengaitkan elemen dan prinsip seni sebagai kajian DKV. 

3. Uraikan penggunaan semiotika Ferdinand Saussure dalam bidang DKV. 

Jawaban: 

1. Dalam DKV Konvensi Sosial yang berhubungan dengan pertanda dan penanda itu bisa menggunakan media DKV contohnya poster, dengan isi poster sebagai tanda dan posternya sebagai penanda.

2. Kita bebas berpendapat seperti apa arti dalam suatu karya seni DKV, tetapi banyak pendapat yang dapat diterima dari berbagai sumber lain. Dimana bahasa merupakan sebuah fakta sosial dan relasi menentukan nilai makna dari setiap unsur dalam bahasa dan meninjau bahasa dalam perkembangan dari waktu ke waktu.

3. Disaat saya membuat suatu karya dan saya membuat maknanya dari apa yang saya fikirkan lalu saya tuangkan ke dalam karya tersebut dan nantinya orang-orang akan melihat karya saya dan mereka bisa mengapresiasikan atau menilai karya saya dengan gaya bahsa yang mereka punya secara bebas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Semiotika pada Film "Merah Putih"

Analisis Branding Pendidikan Jerome Polin di Channel Nihonggo Mantapu Menurut Semiotika

Metode Kajian Seni Lain, Selain Kajian Semiotika