Bekerja dalam Semiotika?

Ini adalah salah satu cerita atau penjelasan singkat mengenai pengalaman atau tanda-tanda perlakuan setiap hari-hari saya dalam kajian semiotika berdasarkan teori dari Ferdinand de Saussure. Tapi sebelumnya penjelasan sedikit tentang Semiotika dan elemen Saussure. 

    Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu tanda (sign). Dalam ilmu komunikasi “tanda” merupakan sebuah interaksi makna yang disampaikan kepada orang lain melalui tanda-tanda. Adpun elemen-elemen makna dari Saussure terdapat pada gambar.

    Perkenalkan saya Putra Aldi Pratama, jadi apa itu bekerja dalam semiotika? Bekerja dalam semiotika yang dimaksud pada cerita ini adalah sebuah pengalaman atau kebiasaan saya saat sedang bekerja dalam pandangan semiotika, dimana ketika saya bekerja sebagai seorang freelancer desain grafis saya pasti menggunakan komputer atau laptop sebagai alat untuk saya bekerja.

     Ketika saya bekerja saya sebagai seorang freelancer desain grafis pasti saya membutuhkan aplikasi-aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, dan lain-lain. Disaat saya menyalakan komputer dan layar komputer saya menyala pasti saya akan mencari atau melihat icon aplikasi untuk desain grafis untuk nantinya akan di klick dan dijalankan, Tidak mungkin saya ingin bekerja mendesain lalu yang saya cari adalah icon aplikasi Trading yang digunakan untuk trading, melainkan pasti yang saya cari adalah icon aplikasi desain dan saya tahu bahwa icon itu adalah icon dari sebuah aplikasi desain.

    Dan juga ketika saya selesai desain pasti desain yang selesai saya buat akan saya berikan kepada client yang memang sudah dia pesan, lalu setelah saya kirimkan hasil desain itu akan ada sebuah isyarat atau kode saya menyebutnya ketika client menelpon atau mengirimi sms. Telepon atau sms yang client tujukan kepada saya saat desain sudah terkirim ke client itu merupakan kode atau isyarat yang menandakan bahwa desain tersebut dapat diterima atau malah direfisi kembali.

    Itulah salah satu cerita atau penjelasan singkat mengenai pengalaman atau tanda-tanda perlakuan setiap hari-hari saya dalam kajian semiotika berdasarkan teori dari Ferdinand de Saussure, Semoga dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi atau bahan pembelajaran lainnya.

     Demikian yang dapat penulis sampaikan, bila ada penjelasan yang kurang tepat mohon dikoreksi karena pada blog ini kita saling belajar. Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Semiotika pada Film "Merah Putih"

Analisis Branding Pendidikan Jerome Polin di Channel Nihonggo Mantapu Menurut Semiotika

Metode Kajian Seni Lain, Selain Kajian Semiotika